Blog Pelajaran Bahasa Inggris -->

Mengenal Bentuk Soal Ujian Bahasa Inggris SMK: #2 Reading Section

Pada dasarnya bentuk soal ujian maupun ulangan bahasa Inggris untuk SMK sama dengan SMA, namun ada sedikit perbedaan, yaitu adanya soal berbentuk Error Recognition yang mengadaptasi soal-soal TOEIC. Berikut adalah beberapa bentuk soal yang biasanya muncul dalam lembaran soal bahasa Inggris untuk SMK.
Berikut akan kita bahas mengenai Reading Section, dimana pada bagian ini kita akan membahas tiga bentuk soal ujian, yaitu Incomplete Dialogue, Error Recognition dan Reading Comprehension.

Incomplete Dialogue

Bentuk soal ini hampir sama dengan Short Conversation pada Listening Section. Hanya saja penyampaiannya sudah pasti secara tertulis. Minimal dalam sebuah percakapan ada dua kalimat yang disampaikan oleh dua orang yang berbeda. Nah pada salah satu kalimat, baik sebagian kalimat maupun keseluruhan kalimat yang dihilangkan. Potongan kalimat atau kalimat itulah yang harus dipilih sesuai dengan konteks situasi yang berlangsung dalam percakapan tersebut.

Error Recognition

Error recognition adalah soal yang membutuhkan analisis dan ketelitian. Mengapa demikian? Sebab para peserta ujian harus memilih salah satu dari sekian pilihan jawaban. Error Recognition merupakan jenis soal yang menuntuk penguasaan kosa kata dan tata bahasa.

Reading Comprehension

Seperti judulnya, reading comprehension menguji pengetahuan para peserta ujian. Lagi-lagi bekal 'kosa kata' dan Tata Bahasa yang cukup sangat diperlukan untuk memperoleh hasil yang memuaskan. Beberapa materi yang biasanya muncul yaitu: procedure, advertisement, job vacancy dan lain-lain.
Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada peserta ujian sudah pasti hanya berkaitan dengan teks reading yang sedang dikerjakan.

Demikian informasi singkat tentang bentuk-bentuk soal 'Reading Comprehension', semoga bermanfaat, khususnya bagi siswa-siswi kelas XII SMA/SMK.


Posting Komentar

0 Komentar