Blog Pelajaran Bahasa Inggris -->

Kegunaan Adjectives dan Adverbs Dalam Kalimat

Baik adjectives dan adverbs secara umum memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai penjelas atau pemberi makna tambahan bagi jenis kata yang lain, atau dalam istilah disebut 'Modifier'. Adjectives atau kata sifat adalah modifier bagi Noun (kata benda), sedangkan Adverbs adalah modifier bagi Verb (kata kerja).

Adjectives sebagai Noun Modifier

Seperti disebutkan diatas, fungsi Adjective adalah sebagai penjelas Noun (kata benda). Dalam hal ini Adjective akan memberi makna tambahan bagi suatu benda maupun seseorang. Bandingkan kalimat sederhana berikut ini:
(a) Agusta is a woman.
(b) Agusta is a strong woman.
Kalimat (a) Agusta is a woman dan (b) Agusta is a strong woman memiliki makna yang berbeda meskipun menggunakan object yang sama yaitu 'Agusta' yang merupakan 'nama seseorang'. Pada kalimat (a) si penutur hanya memberitahukan kepada lawan bicaranya atau orang lain bahwa si Agusta adalah adalah seorang perempuan, bukan seorang laki-laki. Sedangkan pada kalimat (b) si penutur menambahkan sebuah Adjective yaitu kata 'strong', sehingga dia tidak hanya memberitahukan tentang jenis kelamin si Agusta, namun lebih kepada pernyataan yang memperjelas object bahwa si Agusta bukan seorang perempuan biasa, tapi dia adalah seorang perempuan yang kuat (strong). 

Adverbs sebagai Verb Modifier

Adverb (kata keterangan) berfungsi memberikan makna tambahan kepada Verb (kata kerja). Perhatikan kalimat berikut:
(a) Romi walks to school.
(b) Romi walks fast to school.
Pada kalimat pertama (a) Romi walks to school, si penutur hanya memberitahu kita bahwa Romi berjalan kaki ke sekolah. Sedangkan kalimat (b) Romi walks fast to school menyatakan bahwa Romi tidak hanya berjalan kaki, namun Dia berjalan dengan cepat ke sekolah. Dalam kalimat tersebut kata 'fast' adalah sebuah 'Adverb' yang memperjelas kata kerja atau memberi keterangan tambahan terhadap kata kerja 'walk'.
 
 

Posting Komentar

0 Komentar