Blog Pelajaran Bahasa Inggris -->

Mengenal Bentuk Soal Ujian Bahasa Inggris SMK: #1 Listening Section

Pada dasarnya bentuk soal ujian maupun ulangan bahasa Inggris untuk SMK sama dengan SMA, namun ada sedikit perbedaan, yaitu adanya soal berbentuk Error Recognition yang mengadaptasi soal-soal TOEIC. Berikut adalah beberapa bentuk soal yang biasanya muncul dalam lembaran soal bahasa Inggris untuk SMK.


Picture Identification

Soal berbentuk Picture Identification meminta peserta ujian untuk menganalisa gambar dan mencocokkannya dengan beberapa pernyataan (biasanya empat pernyataan). Pernyataan yang paling sesuai dengan gambar itulah jawaban yang terbaik.

Question-Response

Soal listening berbentuk Question-Response adalah bentuk soal yang 'murni' listening, artinya kita betul-betul mengandalkan pendengaran dan pengetahuan kita untuk bisa memilih jawaban dengan benar. Dalam bentuk soal ini, peserta ujian harus mendengarkan percakapan antara dua orang (biasanya seorang laki-laki dan seorang perempuan). Misalkan si laki-laki memberikan pertanyaan atau pernyataan tertentu dan si perempuan akan memberikan beberapa pilihan respon. Jadi dalam model soal ini sama sekali tidak ada petunjuk soal secara visual. Hanya ada satu kalimat yang akan ditemukan oleh peserta ujian di lembaran soal, yaitu 'Mark your answer on your answer sheet.' yang artinya: 'Tandai pilihan jawaban anda di lembar jawaban anda.'

Short Conversation

Jenis soal listening ini lebih mudah dari Question-Response. Kenapa? Karena di lembar soal kita akan menemukan soal dan pilihan jawaban secara tertulis. Nah lho... bagaimana ini? Jadi dalam soal 'Short Conversation' peserta ujian akan mendengarkan percakapan (sekitar dua atau tiga) dan peserta harus menyimpulkan isi percakapan tersebut dengan cara membaca soal dan memilih jawaban yang paling tepat sesuai dengan pertanyaan yang diajukan.

Short Talk

Cara menjawab soal 'Short Talk' sama dengan soal Short Conversation. Bedanya, jika soal Short Conversation berbentuk percakapan yang diikuti oleh pertanyaan-pertanyaan tentang percakapan itu, sedangkan Short Talk berbentuk teks yang dibacakan (monolog). Selanjutnya peserta ujian juga harus membaca pertanyaan atau pernyataan terkait dengan bahan 'Short Talk' dan kemudian memilih salah satu alternatif jawaban yang sesuai dengan pertanyaan atau pernataan tersebut.

Demikian beberapa catatan mengenai bentuk-bentuk soal Ujian Bahasa Inggris SMK, khususnya bagian pertama, yaitu Listening Section. Semoga bermanfaat, utamanya bagi anak-anak didik kami,  siswa-siswi SMKN 1 Lingsar.

Posting Komentar

0 Komentar