Blog Pelajaran Bahasa Inggris

Cara Mengundang Secara Lisan Maupun Tulisan

Kita sering sekali mendengar kata 'undangan'. Apalagi diwaktu-waktu tertentu banyak orang memberikan undangan, baik secara lisan maupun dalam bentuk tulisan (surat undangan). Dalam hal 'undangan' ini, ada dua kata yang merefleksikannya secara langsung, yaitu kata 'undangan' itu sendiri dan kata 'ajakan'. Undangan dan ajakan sebenarnya adalah dua kata yang maknanya sama, yaitu mengharapkan kehadiran seseorang atau sekelompok orang untuk datang ke acara atau kegiatan tertentu.
Namun dalam pemakaiannya, kedua kata ini merefleksikan dua jenis konteks situasi yang berbeda, yaitu formal dan informal. Undangan selalu identik dengan hal-hal yang bersifat formal, baik disampikan secara lisan maupun tulisan. Sedangkan 'ajakan' selalu berkonotasi kepada komunikasi verbal secara lisan dan situasinya pun bersifat informal (santai, rileks, biasa-biasa saja).

Bagaimana cara mengundang atau mengajak dalam bahasa Inggris?

Dibawah ini adalah beberapa ungkapan atau ujaran yang bisa digunakan untuk menyampaikan undangan atau ajakan.

Ungkapan 'MENGAJAK'

  • Let's play football.
  • Let's go to the canteen.
  • Would you like to ... ?
Frasa 'Let's' adalah ujaran yang bisa digunakan untuk 'mengajak' seseorang atau sekelompok orang secara lisan. Penggunaannya sangat mudah, setelah LET'S kita cukup menambahkan verb1 (infinitive) atau kata kerja bentuk pertama dan diikuti oleh object (kalau ada). Sedangkan 'Would you like to ...?' adalah bentuk 'ajakan' yang lebih 'sopan' dan disampaikan kepada seseorang/sekelompok orang terhormat dan lebih dewasa dari kita, atau bisa juga digunakan saat menyampaikan undangan di suatu forum resmi.

Ungkapan 'MENGUNDANG'

  • I wonder if you'd like to ...
  • I would like to invite you to ...
  • Please come to ...
  • I invite you to ...
Diatas adalah beberapa ungkapan yang bisa kita gunakan untuk membuat undangan, baik disampaikan secara lisan maupun tulisan. Dua ungkapan pertama terkesan lebih formal dan sopan dibandingkan dua ungkapan dibawahnya yang lebih rileks. Dalam hal ini gunakan ungkapan yang sesuai dengan lawan bicara kita atau kepada siapa surat undangan kita kirim. Dalam ungkapan lisan, frasa I would like disingkat menjadi I'd like.